- Pedagogik
dalam arti khusus
Pedagogik
merupakan suatu teori yang secara teliti, kritis dan objektif mengembangkan
konsep-konsepnya tentang hakikat manusia, hakekat anak, hakekat tujuan
pendidikan serta hakekat proses pendidikan. Pendidikan dalam arti khusus hanya
dibatasi sebagai usaha orang dewasa dalam membimbing anak yang belum dewasa
untuk mencapai kedewasaannya.Pendidikan dalam arti khusus ini menggambarkan
upaya pendidikan yang terpusat dalam lingkungan keluarga, dalam arti tanggung
jawab keluarga.
- Pedagogik
dalam arti luas.
Pendidikan dalam arti luas merupakan usaha
manusia untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya, yang berlangsung sepanjang
hayat. Pendidikan berasal dari kata dasar didik (mendidik), yaitu : memelihara
dan memberi latihan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Sedangkan
pendidikan mempunyai pengertian proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang
atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran
dan latihan, proses perbuatan, cara mendidik. Dari pengertian pendidikan diatas
ada beberapa prinsip dasar tentang pendidikan yang akan dilaksanakan,
pendidikan berlangsung seumur hidup, tanggung jawab pendidikan serta pendidikan
merupakan suatu keharusan.
- Mengapa
pendidikan penting bagi manusia ?
Pendidikan merupakan esensi yang sangat
mendasar bagi manusia. Manusia dilahirkan dimuka bumi ini tidak dengan tampa
tujuan, melainkan memiliki tanggung jawab sebagai khalifah untuk alam dan
dirinya sendiri. Manusia sejak lahir belum memiliki potensi untuk memahami eksistensinya,
untuk menemukan jati dirinya maka diperlukan proses pendidikan dari lingkungan
dan orang dewasa yang secara bertahap membentuk karakter pribadinya.
Pendidikan yang baik berawal dari
keluarga dengan ketulusan cinta dan kasih sayang Manusia tidak saja hidup
sebagai individu yang mempunyai kebebasan dan hak-haknya sebagai individu,
namun manusia hidup pula dalam ikatan bermasyarakat. Pendidikan dalam
prakteknya berbentuk pergaulan antara pendidik dan anak didik, namun tentu
suatu pergaulan yang tertuju kepada tujuan pendidikan yaitu manusia mandiri,
memahami nilai, norma-norma susila dan sekaligus mampu berperilaku sesuai
dengan nilai-nilai, norma-norma tersebut.
- Jelaskan
pendidikan sebagai teori dan praktek!
Teori pendidikan pada hakikatnya sangat
penting karena pendidikan merupakan suatu kegiatan yang hanya dapat dilakukan
oleh manusia, memiliki lapangan yang sangat luas. Pendidikan sebagai suatu
kegiatan manusia, dapat kita amati sebagai suatu praktek dalam kehidupannya,
seperti halnya dengan kegiatan manusia yang lain misalnya kegiatan dalam
ekonomi, kegiatan dalam hukum, beragama dan sebagainya. Disamping itupula kita
dapat mengkaji pendidikan secara akademik, baik secara empirik (pengalaman),
yang bersumber dari pengalaman-pengalaman pendidikannya, maupun dengan
renungan-renungan, yang mencoba melihat makna pendidikan dalam suatu lingkup
yang lebih luas.Hal yang pertama dapat disebut praktek pendidikan, sedangkan
yang kedua disebut teori pendidikan.
Antara teori dan praktek pendidikan
merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena memiliki hubungan
komplementer (saling melengkapi), saling mengisi satu sama lainnya. Seperti
misalnya pelaksanaan pendidikan dalam keluarga, pendidikan di sekolah,
pendidikan di masyarakat, sehingga dapat dijadikan sumber dalam menyusun teori
pendidikan.Begitu sebaliknya suatu teori pendidikan sangat bermanfaat sebagai suatu
pedoman dalam melaksanakan praktek pendidikan.
Dalam hal ini J.H
Gunning (Belanda) pernah mengemukakan bahwa “teori tanpa praktek merupakan
perbuatan yang amat istimewa (genius), sebaliknya praktek tanpa teori bagi
orang gila dan penjahat. Namun menurut Gunning bagi kebanyakan pendidik perlu
paduan mesra dari keduanya (teori dan praktek). Teori pendidikan (dalam hal ini
pedagogik), perlu dipelajari secara akademik (secara ilmiah di Perguruan
Tinggi), khususnya di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang
mempersiapkan lulusannya untuk menjadi pendidik baik di sekolah maupun di luar
sekolah. Sebab kalau tidak dibekali
teori pendidikan, jangan sampai terjerumus seperti yang dikemukakan oleh
Gunning.
0 Response to "Pedagogic (khusus) dan dalam arti luas , pendidikan sebagai teori dan praktek"
Post a Comment