Pedagogic (khusus) dan dalam arti luas , pendidikan sebagai teori dan praktek




-       Pedagogik dalam arti khusus
Pedagogik merupakan suatu teori yang secara teliti, kritis dan objektif mengembangkan konsep-konsepnya tentang hakikat manusia, hakekat anak, hakekat tujuan pendidikan serta hakekat proses pendidikan. Pendidikan dalam arti khusus hanya dibatasi sebagai usaha orang dewasa dalam membimbing anak yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaannya.Pendidikan dalam arti khusus ini menggambarkan upaya pendidikan yang terpusat dalam lingkungan keluarga, dalam arti tanggung jawab keluarga.
-       Pedagogik dalam arti luas.
     Pendidikan dalam arti luas merupakan usaha manusia untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya, yang berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan berasal dari kata dasar didik (mendidik), yaitu : memelihara dan memberi latihan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Sedangkan pendidikan mempunyai pengertian proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan, proses perbuatan, cara mendidik. Dari pengertian pendidikan diatas ada beberapa prinsip dasar tentang pendidikan yang akan dilaksanakan, pendidikan berlangsung seumur hidup, tanggung jawab pendidikan serta pendidikan merupakan suatu keharusan.
   Mengapa pendidikan penting bagi manusia ?
Pendidikan merupakan esensi yang sangat mendasar bagi manusia. Manusia dilahirkan dimuka bumi ini tidak dengan tampa tujuan, melainkan memiliki tanggung jawab sebagai khalifah untuk alam dan dirinya sendiri. Manusia sejak lahir belum memiliki potensi untuk memahami eksistensinya, untuk menemukan jati dirinya maka diperlukan proses pendidikan dari lingkungan dan orang dewasa yang secara bertahap membentuk karakter pribadinya.
Pendidikan yang baik berawal dari keluarga dengan ketulusan cinta dan kasih sayang Manusia tidak saja hidup sebagai individu yang mempunyai kebebasan dan hak-haknya sebagai individu, namun manusia hidup pula dalam ikatan bermasyarakat. Pendidikan dalam prakteknya berbentuk pergaulan antara pendidik dan anak didik, namun tentu suatu pergaulan yang tertuju kepada tujuan pendidikan yaitu manusia mandiri, memahami nilai, norma-norma susila dan sekaligus mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai, norma-norma tersebut.
   Jelaskan pendidikan sebagai teori dan praktek!
Teori pendidikan pada hakikatnya sangat penting karena pendidikan merupakan suatu kegiatan yang hanya dapat dilakukan oleh manusia, memiliki lapangan yang sangat luas. Pendidikan sebagai suatu kegiatan manusia, dapat kita amati sebagai suatu praktek dalam kehidupannya, seperti halnya dengan kegiatan manusia yang lain misalnya kegiatan dalam ekonomi, kegiatan dalam hukum, beragama dan sebagainya. Disamping itupula kita dapat mengkaji pendidikan secara akademik, baik secara empirik (pengalaman), yang bersumber dari pengalaman-pengalaman pendidikannya, maupun dengan renungan-renungan, yang mencoba melihat makna pendidikan dalam suatu lingkup yang lebih luas.Hal yang pertama dapat disebut praktek pendidikan, sedangkan yang kedua disebut teori pendidikan.
Antara teori dan praktek pendidikan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena memiliki hubungan komplementer (saling melengkapi), saling mengisi satu sama lainnya. Seperti misalnya pelaksanaan pendidikan dalam keluarga, pendidikan di sekolah, pendidikan di masyarakat, sehingga dapat dijadikan sumber dalam menyusun teori pendidikan.Begitu sebaliknya suatu teori pendidikan sangat bermanfaat sebagai suatu pedoman dalam melaksanakan praktek pendidikan. 
Dalam hal ini J.H Gunning (Belanda) pernah mengemukakan bahwa “teori tanpa praktek merupakan perbuatan yang amat istimewa (genius), sebaliknya praktek tanpa teori bagi orang gila dan penjahat. Namun menurut Gunning bagi kebanyakan pendidik perlu paduan mesra dari keduanya (teori dan praktek). Teori pendidikan (dalam hal ini pedagogik), perlu dipelajari secara akademik (secara ilmiah di Perguruan Tinggi), khususnya di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang mempersiapkan lulusannya untuk menjadi pendidik baik di sekolah maupun di luar sekolah. Sebab kalau tidak dibekali  teori pendidikan, jangan sampai terjerumus seperti yang dikemukakan oleh Gunning.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pedagogic (khusus) dan dalam arti luas , pendidikan sebagai teori dan praktek"

Post a Comment