Aspek
|
Pedagogik
|
Andragogik
|
Defenisi
|
Ilmu dalam
pendidikan anak.
|
Ilmu dalam
pendidikan orang dewasa (warga belajar)
|
Konsep peserta
didik
|
Pribadi yang
bergantung kepada gurunya.
|
Semakin
mengarahkan diri (self-directing).
|
Oriensi dalam
belajar
|
Orientasi
bahan ajar (subject-centered).
Pembelajaran dianggap sebagai proses perolehan suatu pengetahuan yang telah
ditentukan sebelumnya. Materi belajar telah diurutkan secara sistematis dan
logis sesuai dengan topik-topik mata ajar.
|
Orientasi
tugas dan masalah (task or problem centered). Pelajar harus memiliki keinginan untuk menguasai suatu
pengetahuan/keterampilan tertentu, atau pemecahan masalah tertentu yang dapat
membuat dirinya sendiri puas.
|
Suasana
(proses)
|
Tegang, rendah
dalam mempercayai, formal, dingin, kaku, lambat, orientasi otoritas guru,
kompetitif dan sarat penilaian
|
Santai,
mempercayai, saling menghargai, informal, hangat, kerjasama, mendukung.
|
Diagnosa
kebutuhan
|
Utamanya oleh
guru
|
Bersama-sama:
pengajar dan peserta didik.
|
siswa atau pelajar
|
Siswa sangat tergantung pada guru. Guru mengasumsikan
dirinya bahwa ia yang bertanggung jawab penuh terhadap apa yang akan
diajarkan dan bagaimana mengajarkannya. Guru yang mengevaluasi hasil belajar.
|
Siswa kerap mandiri , siswalah yang mengarahkan dirinya
untuk belajar apa dan bagaimana.
|
Sisi
peran pengalaman
|
Pengalaman guru yang lebih dominan. Siswa mengikuti
aktifitas belajar, dimana ia sendiri tidak banyak mengalami sesuatu, kecuali
sebagai peserta pasif.
|
Pelajar mengalami sesuatu secara
leluasa. Pengalaman menjadi sumber utama mengidentifikasi penguasaan dirinya
akan sesuatu. Satu sama lain saling berperan sebagai sumber belajar.
|
Motivasi
|
Datang secara eksternal, artinya disuruh atau diwajibkan
atau dituntut untuk mengikuti suatu pendidikan tertentu.
|
Motivasi lebih bersifat internal,
datang dari diri sendiri sebagai wujud dari aktualisasi diri, penghargaan
diri.
|
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Perbedaan Pedagogik, Andragogik dari Berbagai Aspek"
Post a Comment