LEMBAR
VALIDASI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD SUNGGUMINASA 2 KAB.GOWA
Kelas/Semester : V/1
Mata Pelajaran : IPS
T o p i k : Peninggalan kerajaan
Hindu Budha di Indonesia
Nama Validator : ----
Pekerjaan : Dosen
UNM
A. Petunjuk
1. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom penilaian yang sesuai menurut
pendapat Bapak/Ibu.
2. Jika ada yang perlu direvisi, mohon
menuliskan langsung pada naskah.
B. Penilaian ditinjau dari beberapa aspek
No
Aspek Penilaian
Poin Validasi
1
2
3
4
I
Tujuan
1.
Kemampuan
terkandung dalam Kompetensi Dasar
2.
Ketepatan
penjabaran dari Kompetensi Dasar ke Indikator Pencapaian Hasil Belajar
3.
Banyak
Indikator Pencapaian Hasil Belajar dibandingkan dengan waktu yang tersedia
4.
Kejelasan
rumusan Indikator Pencapaian Hasil Belajar
5.
Operasional
rumusan Indikator Pencapaian Hasil Belajar
6.
Kesesuaian
Indikator Pencapaian Hasil Belajar dengan tingkat perkembangan siswa
II
Materi (isi) yang disajikan
1. Sistematika penulisan Indikator
Pencapaian Hasil Belajar
2. Kesesuaian konsep dengan Indikator
Pencapaian Hasil Belajar
3. Kebenaran konsep
4. Urutan konsep
5. Tugas/latihan soal mendukung konsep
6. Kesesuaian tingkat kesukaran materi
dengan tingkat perkembangan siswa
III
Bahasa
1. Penggunaan bahasa ditinjau dari kaidah
bahasa Indonesia yang baku
2. Sifat komunikatif bahasa yang
digunakan
IV
Waktu
Kesesuaian
alokasi waktu yang digunakan
V
Metode Sajian
1.
Sebelum
menyajikan konsep baru, sajian dikaitkan dengan konsep yang telah dimiliki
siswa
2.
Sajian
disertai contoh yang memadai
3.
Memberikan
kesempatan bertanya kepada siswa
4.
Guru
mengecek pemahaman siswa
No
Aspek Penilaian
Poin Validasi
1
2
3
4
I
Tujuan
1.
Kemampuan
terkandung dalam Kompetensi Dasar
2.
Ketepatan
penjabaran dari Kompetensi Dasar ke Indikator Pencapaian Hasil Belajar
3.
Banyak
Indikator Pencapaian Hasil Belajar dibandingkan dengan waktu yang tersedia
4.
Kejelasan
rumusan Indikator Pencapaian Hasil Belajar
5.
Operasional
rumusan Indikator Pencapaian Hasil Belajar
6.
Kesesuaian
Indikator Pencapaian Hasil Belajar dengan tingkat perkembangan siswa
II
Materi (isi) yang disajikan
1. Sistematika penulisan Indikator
Pencapaian Hasil Belajar
2. Kesesuaian konsep dengan Indikator
Pencapaian Hasil Belajar
3. Kebenaran konsep
4. Urutan konsep
5. Tugas/latihan soal mendukung konsep
6. Kesesuaian tingkat kesukaran materi
dengan tingkat perkembangan siswa
III
Bahasa
1. Penggunaan bahasa ditinjau dari kaidah
bahasa Indonesia yang baku
2. Sifat komunikatif bahasa yang
digunakan
IV
Waktu
Kesesuaian
alokasi waktu yang digunakan
V
Metode Sajian
1.
Sebelum
menyajikan konsep baru, sajian dikaitkan dengan konsep yang telah dimiliki
siswa
2.
Sajian
disertai contoh yang memadai
3.
Memberikan
kesempatan bertanya kepada siswa
4.
Guru
mengecek pemahaman siswa
0 Response to "CONTOH FORMAT LEMBAR VALIDASI RPP DAN SOAL (UNM)"
Post a Comment