PENDIDIKAN GLOBAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD

Unm1.jpgUnm1.jpg



tugas : matak kuliah IPS SD Prodi DIKDAS UNM

PENDIDIKAN GLOBAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD
Berkenaan dengan masalah-masalah global, Merry M. Merryfield (1997) mengemukakan masalah-masalah global antara lain:
1.      Penduduk dan keluarga berencana (population and family planning)
Masalah ini terletak pada tingkat kesejahteraaan dan kemakmuran yang rendah akibat adanya kesenjangan yang besar antara pertumbuhan serta jumlah penduduk yang terus meningkat dengan pertumbuhan segala kebutuhan yang terbatas.
Materi yang terkait:
v  Mengenal jenis-jenis pekerjaan (Kelas III semester II)
v  Mengenal  pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat (Kelas IV semester II)
v  Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia (Kelas V semester I)

2.      Pembangunan (development)
Pembangunan sebagai rangkaian kegiatan perencanaan -  pengkajian – uji kelayakan – pengelolaan – pelaksanaan – evaluasi – memerlukan SDM yang handal, dana yang mendukung dan suasana yang kondusif bagi negara-negara miskin dan terbelakang belum dapat teratasi karena SDM-nya belum berkualitas.
Materi yang terkait:
v  Menjelaskan peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia (Kelas VI semester II)

3.      Hak asasi manusia (human rights)
Masalah ini terletak pada pelanggaran yang terjadi dan dialami oleh orang-orang tertentu baik sebagai individu maupun sebagai kelompok oleh pihak-pihak tertentu baik sebagai individu maupun kelompok oleh pihak-pihak tertantu yang memiliki kekuasaan atau yang  berkuasa; terjadi secara lokal di kawasan/negara tertentu bahkan tingkat dunia.
Materi yang terkait:
v  Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga (Kelas I semester I)
v  Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga (Kelas II semester II)

4.      Migrasi (emigration, immigration, refugees)
Perpindahan penduduk secara emigrasi (perpindahan penduduk menuju negara lain yang akan menetap di negara baru), imigrasi (perpindahan penduduk dari suatu negara ke dalam negeri tertentu yang akan diperkirakan menetap di negeri terakhir), dan pengungsian (perpindahan sekelompok penduduk dari suatu kawasan atau negara ke awasan atau negara lain, karena faktor-faktor tertentu yang mendesak). Perpindahan ini menimbulkan masalah antara lain:
Ø  Masalah ekonomi ( lapangan pekerjaan, kekurangan bahan pangan )
Ø  Masalah politik ( perang saudara, perbedaan ideologi )
Ø  Bencana alam ( banjir, kekeringan, wabah )
Materi yang terkait:
v  Menunjukkan jenis dan penyebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat (Kelas IV semester I)
v  Mengenal permasalahan sosial di daerahnya (Kelas IV semester II)

5.      Kepemilikan bersama secara global (the global commons)
Tiap kawasan dengan kawasan lain, tiap negara dan negara lain terdapat batas wilayah (darat, perairan, udara ). Pada kenyataannya baik samudra luas dan angkasa luar yang tidak bertuan menjadi segketa yang dapat menimbulkan masalah besar.
Materi yang terkait:
v  Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia (Kelas VI semester I)
v  Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga (Kelas VI semester I)
v  Mengidentifikasi benua-benua (Kelas VI semester I)


6.      Lingkungan hidup dan SDA (environment and natural resources)
Lingkungan hidup :  segala apa yang berpengaruh terhadap sifat dan pertumbuhan manusia :
Ø  Lingkungan alam  (fenomena alam)
Ø  Lingkungan sosial  (manusia)
Ø  Lingkungan budaya   (hal dan hasil rekayasa manusia)
Ø  Lingkungan psikologis (suasana kehidupan  kejiwaan)
SDA (UU RI No.4 tahu 1982) : unsur lingkungan hidup yang terdiri atas :
Ø  sumber daya manusia,
Ø  sumber daya alam hayati dan non hayati,
Ø  sumber daya buatan.
Benda atau fenomena yang sama disebut sebagai lingkugan dan dapat juga sumber daya.
Sebagai akibat lonjakan pertumbuhan penduduk  dan kebutuhannya, lingkungan sebagai sumber daya tidak lagi mampu menjamain kehidupan manusia, diperlukan IPTEK.
Pemanfaatan IPTEK dapat menimbulkan dampak negatif dalam bentuk masalah lingkungan seperti  kekeringan, banjir, tanah longsor, kenaikan suhu udara global, baik lokal, regional bahkan global.
Materi yang terkait:
v  Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah (Kelas III semester I)
v  Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial  dan budaya (Kelas IV semester I)
v  Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat (Kelas IV semester I)
v  Mengenal  keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya (Kelas V semester I)

7.      Kelaparan dan bahan pangan (hunger and food)
Kelaparan dan keterbatasan persediaan bahan pangan baik ditingkat lokal, regional maupun global, diatasi oleh FAO telah melakukan upaya dalam sektor  pertanian pangan ini. Namun demikian, karena kendala sosial tidak meratanya kualitas kemampuan SDM, kendala politik  dan kekuasaan, kendala cuaca yang menyebabkan kegagalan panen, kesejangan antara pertumbuhan kebutuhan pangan dengan pertumbuhan persediaan bahannya tidak dapat dihindarkan.
Materi yang terkait:
v  Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat (Kelas IV semester I)
v  Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi,  dan transportasi serta pengalaman menggunakannya (Kelas IV semester II)
v  Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa (Kelas VI semester II)

8.      Perdamaian dan keamanan (peace security)
Kerawanan-kerawanan terhadap perdamaian dan keamanan, bermula dari pertentangan etnis  ke pertentangan rasial, politik ke ekonomi, dari ambisi – gengsi – arogansi elit yang berkuasa tingkat nasional ke tingkat regional sampai tingkat global yang meresahkan perdamaian serta mengganggu keamanan global.
Materi yang terkait:
v  Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa  penjajahan  Belanda dan Jepang (Kelas V semester II)
v  Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia (Kelas V semester II)
v  Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan (Kelas V semester II)
v  Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan (Kelas V semester II)

9.      Prasangka dan diskriminasi (prejudice and discrimination)
Meliputi aspek-aspek etnis (kesukuan), ras, kelas, jenis atau kelamin, agama ekonomi dan politik dapat menjadi dasar prasangka yang kemudian berkembang menjadi diskriminasi.
Materi yang terkait:
v  Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi) (Kelas IV semester I)
v  Mengenal permasalahan sosial di daerahnya (Kelas IV semester II)
v  Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia (Kelas V semester I)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " PENDIDIKAN GLOBAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD"