
tugas : matak kuliah IPS SD Prodi DIKDAS UNM
PENDIDIKAN GLOBAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI
SD
Berkenaan
dengan masalah-masalah global, Merry M. Merryfield (1997) mengemukakan
masalah-masalah global antara lain:
1. Penduduk
dan keluarga berencana (population and family planning)
Masalah
ini terletak pada tingkat kesejahteraaan dan kemakmuran yang rendah akibat
adanya kesenjangan yang besar antara pertumbuhan serta jumlah penduduk yang
terus meningkat dengan pertumbuhan segala kebutuhan yang terbatas.
Materi yang terkait:
v Mengenal
jenis-jenis pekerjaan (Kelas III semester II)
v Mengenal
pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat (Kelas
IV semester II)
v Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di
Indonesia (Kelas V semester I)
2. Pembangunan
(development)
Pembangunan
sebagai rangkaian kegiatan perencanaan - pengkajian – uji kelayakan –
pengelolaan – pelaksanaan – evaluasi – memerlukan SDM yang handal, dana yang
mendukung dan suasana yang kondusif bagi negara-negara miskin dan terbelakang belum
dapat teratasi karena SDM-nya belum berkualitas.
Materi yang terkait:
v
Menjelaskan
peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap
kehidupan bangsa Indonesia (Kelas VI semester II)
3. Hak
asasi manusia (human rights)
Masalah
ini terletak pada pelanggaran yang terjadi dan dialami oleh orang-orang
tertentu baik sebagai individu maupun sebagai kelompok oleh pihak-pihak
tertentu baik sebagai individu maupun kelompok oleh pihak-pihak tertantu yang
memiliki kekuasaan atau yang berkuasa; terjadi secara lokal di
kawasan/negara tertentu bahkan tingkat dunia.
Materi yang terkait:
v
Menunjukkan
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga (Kelas I semester I)
v Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga
(Kelas II semester II)
4. Migrasi
(emigration, immigration, refugees)
Perpindahan
penduduk secara emigrasi (perpindahan penduduk menuju negara lain yang akan
menetap di negara baru), imigrasi (perpindahan penduduk dari suatu negara ke
dalam negeri tertentu yang akan diperkirakan menetap di negeri terakhir), dan pengungsian
(perpindahan sekelompok penduduk dari suatu kawasan atau negara ke awasan atau
negara lain, karena faktor-faktor tertentu yang mendesak). Perpindahan ini
menimbulkan masalah antara lain:
Ø Masalah
ekonomi ( lapangan pekerjaan, kekurangan bahan pangan )
Ø Masalah
politik ( perang saudara, perbedaan ideologi )
Ø Bencana
alam ( banjir, kekeringan, wabah )
Materi yang terkait:
v
Menunjukkan jenis dan penyebaran
sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan
setempat (Kelas IV semester
I)
v Mengenal
permasalahan sosial di daerahnya (Kelas
IV semester II)
5. Kepemilikan
bersama secara global (the global commons)
Tiap
kawasan dengan kawasan lain, tiap negara dan negara lain terdapat batas wilayah
(darat, perairan, udara ). Pada kenyataannya baik samudra luas dan angkasa luar
yang tidak bertuan menjadi segketa yang dapat menimbulkan masalah besar.
Materi yang terkait:
v Mendeskripsikan
perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia (Kelas VI semester I)
v Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara tetangga (Kelas VI semester I)
v Mengidentifikasi
benua-benua (Kelas VI semester I)
6. Lingkungan
hidup dan SDA (environment and natural resources)
Lingkungan hidup : segala apa yang berpengaruh terhadap sifat dan
pertumbuhan manusia :
Ø Lingkungan
alam (fenomena alam)
Ø Lingkungan
sosial (manusia)
Ø Lingkungan
budaya (hal dan hasil rekayasa manusia)
Ø Lingkungan
psikologis (suasana kehidupan kejiwaan)
SDA (UU RI No.4 tahu 1982) : unsur lingkungan hidup yang terdiri atas :
Ø sumber
daya manusia,
Ø sumber
daya alam hayati dan non hayati,
Ø sumber
daya buatan.
Benda atau fenomena yang sama disebut sebagai lingkugan dan dapat juga
sumber daya.
Sebagai akibat lonjakan pertumbuhan penduduk dan kebutuhannya,
lingkungan sebagai sumber daya tidak lagi mampu menjamain kehidupan manusia,
diperlukan IPTEK.
Pemanfaatan IPTEK dapat menimbulkan dampak negatif dalam bentuk masalah
lingkungan seperti kekeringan, banjir, tanah longsor, kenaikan suhu udara
global, baik lokal, regional bahkan global.
Materi yang terkait:
v Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah (Kelas III semester I)
v Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya (Kelas IV
semester I)
v Menunjukkan
jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan
ekonomi di lingkungan setempat (Kelas IV semester I)
v Mengenal keragaman
kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan
menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya (Kelas V
semester I)
7. Kelaparan
dan bahan pangan (hunger and food)
Kelaparan
dan keterbatasan persediaan bahan pangan baik ditingkat lokal, regional maupun
global, diatasi oleh FAO telah melakukan upaya dalam sektor
pertanian pangan ini. Namun demikian, karena kendala sosial tidak
meratanya kualitas kemampuan SDM, kendala politik dan kekuasaan,
kendala cuaca yang menyebabkan kegagalan panen, kesejangan antara pertumbuhan
kebutuhan pangan dengan pertumbuhan persediaan bahannya tidak dapat
dihindarkan.
Materi yang terkait:
v
Menunjukkan jenis dan persebaran
sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan
setempat (Kelas IV semester
I)
v
Mengenal
perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta pengalaman menggunakannya (Kelas IV semester II)
v Mengenal
manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
(Kelas VI semester II)
8. Perdamaian
dan keamanan (peace security)
Kerawanan-kerawanan
terhadap perdamaian dan keamanan, bermula dari pertentangan etnis ke
pertentangan rasial, politik ke ekonomi, dari ambisi – gengsi – arogansi
elit yang berkuasa tingkat nasional ke tingkat regional sampai tingkat
global yang meresahkan perdamaian serta mengganggu keamanan global.
Materi yang terkait:
v
Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang
(Kelas V semester II)
v
Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
(Kelas V semester II)
v
Menghargai
jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan (Kelas V semester II)
v Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan
kemerdekaan (Kelas V semester II)
9. Prasangka
dan diskriminasi (prejudice and discrimination)
Meliputi
aspek-aspek etnis (kesukuan), ras, kelas, jenis atau kelamin, agama ekonomi dan
politik dapat menjadi dasar prasangka yang kemudian berkembang menjadi
diskriminasi.
Materi yang terkait:
v
Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi) (Kelas IV
semester I)
v
Mengenal permasalahan sosial di
daerahnya (Kelas IV semester
II)
v Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia (Kelas V semester I)
Kok gaada dapusnya? Hehe
ReplyDelete